Contoh Susunan Makalah Lengkap yang Baik dan Benar

Contoh Susunan Makalah Lengkap yang Baik dan Benar – Sahabat nagrak.com pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi masi yang sangat penting bagi sahabat yang sedang bingung Cara membuat makalah. Namun sebelum kami beranjak ke toqik pembahasan mengenai contoh makalah kami akan sedikit pembahas perngertian makalah, ciri ciri makalah, Jenis makalah terlebih dahulu, yang mana Makalah ialah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif. Makalah tersebut ditulis untuk disajikan dalam forum ilmiah atau tugas-tugas terstruktur. Makalah merupakan salah satu jenis karangan yang memiliki ciri atau sifat ilmiah yaitu: objektif, tidak memihak, berdasarkan fakta, sistematis, dan logis  dan biasanya makalah slalu dibuat oleh para pelajar atau mahasiswa.

Adapun ciri-ciri dari makalah yang diantaranya sebagai berikut ini:

  • Merupakan hasil laporan pelaksanaan kegiatan di lapangan tentang suatu permasalahan yang terjadi.
  • Mendemostrasikan pemahaman teori maupun kemampuan untuk menerapkan prosedur-prosedur yang ada kaitannya dengan permasalahan.
  • Untuk menunjukkan kemampuan tentang pemahaman teori maupun sumber-sumber yang digunakan untuk menyusun makalah.
  • Dan untuk mendemontrasikan kemampuan dalam menyusun berbagai macam sumber informasi untuk menyelesaikan permasalahan.

Jenis – Jenis Makalah

Dari sifatnya makalah dapat dibedakan menjadi 3 jenis yaitu

  • Makalah Deduktif yaitu makalah yang didasarkan pada kajian teoritis yang relevan dengan permasalahan yang dibahas.
  • Makalah Induktif adalah makalah yang ditulis berdasarkan data empiris yang bersifat objektif berdasarkan apa yang diperoleh dari lapangan namun tetap relevan dengan pembahasan.
  • Makalah Campuran yaitu makalah yang disusun atau ditulis berdasarkan kajian toritis dan data empiris. artinya makalah campuran ini adalah penggabungan antara makalah deduktif dan makalah induktif.

Makalah campuran terbagi lagi menjadi 6 jenis yaitu

  1. Makalah ilmiah – makalah ini biasanya membahas permasalahan yang ditulis dari hasil studi ilmiah dan jenis makalah ini tidak berdasarkan pendapat atau opini dari penulis yang bersifat subyektif.
  2. Makalah kerja – biasanya makalah ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian dan memungkinkan seorang penulis makalah tersebut berargumentasi dari permasalahan yang dibahas yang didapatkan dari sebuah proses penelitian dan itu artinya opini yang bersifat subyektif dari penulis lebih memungkinkan pada makalah jenis ini.
  3. Makalah kajian – isi dari makalah ini biasanya sebagai sarana pemecahan suatu masalah yang bersifat kontroversial.
  4. Makalah posisi – istilah ini digunakan untuk karya tulis yang disusun atas permintaan suatu pihak yang fungsinya sebagai alternatif pemecahan masalah yang kontroversial. Prosedur pembahasan dan penulisannya dilakukan secara ilmiah.
  5. Makalah analisis – sifat dari makalah ini adalah obyektif-empiris.
  6. Makalah tanggapan – biasanya makalah ini sering dijadikan sebagai tugas mata kuliah bagi mahasiswa yang isinya merupakan reaksi terhadap suatu bacaan.

Contoh Susunan Makalah Lengkap yang Baik dan Benar

  1. Cover
  2. Kata Pengantar
  3. Daftar Isi
  4. Bab I Pendahuluan
  5. Bab II Pembahasan
  6. Bab III Penutup
  7. Daftar Pustaka

1. Cover / Bagian Sampul Makalah. 

Contoh Cover

Dalam bagian ini, terdiri dari judul,

  • Judul makalah itu sendiri
  • Tujuan dari pembuatan makalah tersebut
  • Nama Si Pembuat
  • Logo Suatu Lembaga
  • Nama lembaga dan juga alamatnya
  • Tahun ajaran / akademik.

2. KATA PENGANTAR

Kata Pengantar

Pada bagian ini biasanya diawali dengan kalimat puji-pujian kepada Allah SWT. Kata pengantar dapat berupa gambaran sedikit mengenai makalah, ungkapan rasa terimakasih kepada berbagai pihak dan biasanya diakhiri harapan penuis mengenai makalah yang ditulisnya.

3. Daftar Isi

daftar isiDaftar isi memiliki tujuan untuk memberikan kemudahan bagi pembaca untuk memahami isi serta mencari materi terdapat dalam makalah tersebut.

4. BAB I Pendahuluan
BAB I Pendahuluan
Dalam makalah yang Anda buat, bagian BAB I, bab tentang pendahuluan secara umum berisi tentang gambaran umum tentang makalah, nasalah yang akan di bahas, latar belakang kenapa Anda mengankat permasalahan tersebut. Adapun struktur pada BAB I ini meliputi :
  1. Latar Belakang. Memakai kaidah segitiga artinya dari pembahasan umum ke pembahasan khusus.
  2. Rumusan Masalah, berisi rumusan apa yang Anda bahas dalam makalah Anda.
  3. Maksud dan Tujuan, berisi maksud dan tujuan pembuatan makalah.

5. Bab II Isi

Bab II Isi
Pada bagian ini akan memuat beberapa hal, yaitu :

  • Definisi atau landasan teori
  • Ulasan materi
  • Penyelesaikan suatu masalah
  • Hasil peneltian dan solusi
  • Kontribusi terhadap permasalahan yang sedang di bahas
6. BAB III PENUTUP

penutup

Sedangkan pada bagian ini biasanya penulis akan membuat kesimpulan dari isi atau pembahasan yang sudah dilakukan pada bagian BAB II PEMBAHASAN dan biasanya juga dilengkapi dengan saran.

7. Daftar Pustaka

BAB III PENUTUP

Berisi daftar referensi rujukan yang Anda ambil untuk  makalah Anda. Referensi rujukan dapat berupa buku-buku, jurnal, skripsi, data dari internet dan lain sebagainya. Terdapat kaidah atau aturan penulisan daftar pustaka yang Anda harus penuhi.

Demikianlah Contoh Susunan makalah yang baik dan benar yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. semoga bermanfaat bagi sahabat semua.

contoh makalah dengan catatan kaki pdfmakalah definisi iman menurut para ahliruang lingkup lembaga keuangan syariah7p alfamartMAKALAH NASIONALISME MESIRpengertian 7p alfamartmakalah acos Alfamartcontoh proposal batik betawihttps://www nagrak com/search/makalah-dampak-otonomi-daerah-terhadap-pembangunancontoh makalah tentang dasa darma
Contoh Susunan Makalah Lengkap yang Baik dan Benar | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!