Contoh Teks Naskah Pidato Anak Tentang Hikmah Shaum Ramadhan

Contoh Teks Naskah Pidato Anak Tentang Hikmah Shaum Ramadhan – Shiyam adalah menahan diri dengan niat dari perkara-perkara yang khusus, pada waktu yang khusus, dilakukan oleh orang-orang yang khusus.

Ibadah shaum Ramadhan pertama kali diwajibkan kepada kaum muslimin pada bulan Sya’ban tahun kedua hijriyah. Para ulama sepakat bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melakukan shaum sebanyak sembilan kali Ramadhan.

Contoh Teks Naskah Pidato Anak Tentang Hikmah Shaum Ramadhan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahiladzi arsala rosulahu bilhuda wadinil haq liyuzhirohu ‘aladdini kulihi wakafa bilahi syahida.

Asyhaduala ilahailallah wa asyhaduanna muhammadan abduhu warosuluh ama ba’du.

Segala puji syukur hanya kepada Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita sekalian sehingga kita dapat bertemu dan berkumpul bersilaturrami pada hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, Keluarga dan para sahabatnya, dan kepada kita selaku umatnya

Dewan juri yang saya hormati, hadirin walhadirat yang dimuliakan Allah.

Dalam kesempatan ini ijinkanlah saya membawakan tema” Hikmah Shaum Ramadhan”

Allah memawajibkan umatnya untuk melaksanakan saum ramadhah sesuai dengan firmannya :

‘Audzubillahiminasyaithonirrojim bismillahirrahmanirrahim

Ya ayyuhaladziina aamanuu kutiba ‘alaikummshuyaamu kamaa kutiba ‘alaladziina minqablikum la’allakum tattaquun.

Kewajiban shaum telah Allah wajibkan sejak tahun ke 2 hijriyah, sesuai dengan namanya shaum ramadhan dilakukan tiap hari pada bulan ramadhan. Awal bulan ramadahan dapat diketahui dengan menyempurnakan bulan sya’ban 30 hari. Atau dengan Ru’yah hilal atau hisab.

Shaum berarti menahan(imsyak) sedangkan menurut syara shaum ialah menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkanya shaum  mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Shaum adalah menahan diri dari makanan dan minuman dan menaha hawa nafsu serta hal-hal yang dapat mengurangi pahala shaum.

Menurut kesehatan  shaum dapat menjadikan badan kita sehat sesuai dengan sabda Rasul “ bershauamlah maka kamu akan sehat”. Selain baik untuk kesehatan shaum mempunyai beberapa hikmah, diantaranya :

1.Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

2.Meningkatnya penghayatan dan pengamalan agama islam.

3.Meningkatkan kesehatan mental terhadap gangguan kejiwaan.

4.Mendidik dalam pengendalian diri terhadap hal-hal buruk dan keji.

5.Menumbuhkan rasa kasih sayang kepada faqir miskin.

6.Membiasakan diri memelihara amanah.

7.Melatih kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian.

Demikianlah, pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga  kita benar-benar  menjadi  muslim yang selalu menjalankan ibadah shaum ramadhan. Dan semoga kualitas shaum kita bertambah agar menjadikan kita seorang yang Bertaqwa kepada Allah SWT, amin ya rabbala’lamiin,  akhirnya  terima kasih atas perhatiannya  dan  mohan maaf atas segala kesalahan dan kekhilafannya.

Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurota ‘ayunin waj ‘alna lil muttaqina immama.

Billahittaufik wal hidayah, Wassalamuallaikum Wr. Wb.

Sekian pembahasan tentang contoh Pidato anak. Semoga Bermanfaat.

pidato bahasa cirebon tentang pendidikanmakalah bahasa sunda tentang guguritanmakalah bahasa sunda tentang carponsurat pengunduran diri serikat pekerja nasionalkliping bahasa sunda tentang caceramah pendidikan besertateks negodiasi rental mobilContoh surat pengunduran diri desa siagacontoh makalah carponjudul jalan sehat bagus
Contoh Teks Naskah Pidato Anak Tentang Hikmah Shaum Ramadhan | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!