Contoh Teks Naskah Pidato Pengarahan

Contoh Teks Naskah Pidato Pengarahan – Pidato merupakan penampilan diri seseorang di hadapaan pendengar untuk menyampaikan isi hati atau buah pikiran dengan rangkaian kata-kata dengan harapan agar pendengar tergugah hati nuraninya dan tergerak pikirannya. Pidato merupakan bentuk wicara individual yang banyak ragamnya. Akan tetapi, kalau  Pidato pengarahan adalah pidato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.

Contoh Teks Naskah Pidato Pengarahan

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Selamat Pagi.

Pertama tama Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul pada hari ini.

Yang terhormat Kepala Sekolah SMA Kepo. Ibu Mawar selaku guru Bahasa Indonesia dan Teman-teman saya banggakan. Pada Kesempatan ini, saya akan menyampaikan pidato dengan tema “Dampak postif dan negatif penggunaan Sosial Media pada pelajar”

Pada zaman Globalisasi yang semakin modern ini, Pasti kita sudah mendengar kata “Sosial Media (SosMed)”dalam kehidupan sehari-hari kita tak luput dari teknologi informasi. Sosial Media banyak digunakan oleh semua orang termasuk kita sebagai pelajar. Sosial Media adalah alat atau sarana komunikasi masyarakat untuk bergaul, yang dapat mengundang atau menerima temen untuk bergabung dalam situs tersebut.

Adapun macam-macam Sosial Media yaitu, facebook,twitter, path,bbm, dan lain-lain. Dengan seringya kita menggunakan Sosial Media, pastinya ada dampak positif dan negatif penggunaan Sosial Media. Ada beberapa dampak positif penggunaan Sosial Media bagi pelajar yaitu:

Sebagai sarana/tempat yang dapat membantu para pelajar dalam kegiatan belajar.
Sebagai sarana/tempat yang dapat mengatahui berita-berita yang sedang nge-Trend atau lagi panasnya berita yang sedang dibicarakan oleh masyarakat.
Sebagai sarana/tempat dapat memperbanyak/perteman dan lain-lain.

Sedangkan dampak negatif penggunaan Sosial Media bagi pelajar yaitu:
Menjadikan para pelajar bersifat ketergantungan dengan Sosial Media.
Yang seperti kita ketahui banyak sekali pelecehan seksual,penculikan,penipuan yang terjadi karen pengaruh Sosial Media.
Menonton Pornografi
Cracking adalah hacking untuk tujuan jahat.
Maka dari itu saya ingin memberitahukan kepada kalian semua, penting perlu adanya pengawasan dalam penggunaan internet. Untuk itu, saya menghimbau kepada kalian semua agar lebih berhati-hati dalam memilih internet agar kita terhindar dari tindakan dan pergaulan yang tidak baik (buruk).

Demikian pidato dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada salah kata saya minta mohon maaf, sekian dan Terima kasih atas perhatiannya.

Walbilaihi Taufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat pagi

Contoh Teks Naskah Pidato Pengarahan

Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Selamat pagi dan salam sejahtera
Yang terhormat Drs. Doremi selaku Kepala SMP karang sembung, Yang terhormat Bapak / Ibu guru, serta teman-teman yang saya cintai dan saya banggakan.

Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, atas berkah dan karunia-Nya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato tentang “Menjaga kebersihan lingkungan sekolah.” Perlu kita ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup.Oleh karena itu kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar kita dapat hidup dengan nyaman. Salah satu cara menjaga kelestarian lingkungan adalah menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil, tetapi terkadang sangat sulit kita lakukan.

Contohnya adalah membuang sampah pada tempatnya. Saat ini kesadaran untuk menjaga kebersihan di kalangan kita sebagai seorang murid sangatlah kurang. Dilihat dari lingkungan sekolah kita yang masih terdapat sampah yang berserakan, entah sampah plastik makanan-minuman, atau kertas. Padahal tempat sampah yang disediakan sekolah sudah memadai. Di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, di dalam kelas pun terdapat tempat sampah. Namun tidak adanya kesadaran dari kita untuk membuang sampah pada tempatnya sebagai wujud menjaga kebersihan lingkungan sekolah kita. Selain membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat menjalankan piket kelas sebagai aksi menjaga kebersihan lingkungan di lingkup sekolah. Biasakan memilah sampah sesuai dengan kelompoknya sebelum dimasukkan ke tempat sampah.

Jenis sampah dibedakan menjadi 3 :

1. Sampah Basah yaitu sampah yang mudah terurai dan membusuk,
contoh; sisa makanan, sayur dan buah-buahan, sampah kebun dan sampah dapur.

2. Sampah Kering yaitu sampah yang tidak bisa membusuk dan terurai secara alamiah,
contoh: kertas, kardus, plastik, tekstil, karet, kaca, kaleng, dll

3. Sampah B3 (Bahan Berbahaya & Beracun) yaitu sampah beracun dan reaktif yang sangat membahayakan kesehatan dan kehidupan organisme antara lain: baterai, cat, pestisida, sampah rumah sakit, dll. Akan tetapi tempat sampah yang biasa disediakan hanya 2 jenis, yaitu sampah basah dan sampah kering. Pada akhirnya pemisahan sampah basah dan sampah kering tersebut menjadi sia-sia saat dibuang disatukan kembali. Maka dari itu hal ini harus ada kerjasama antara pemerintah dan sekolah untuk pembuangan sampah basah dan sampah kering agar mengurangi pencemaran lingkungan. Selain itu dianjurkan untuk menanam sebuah tanaman, apotek hidup, bunga-bunga, agar sekolah kita terlihat cantik, rapi dengan berhiaskan penghijauan disekitarnya. Namun selain adanya penghijauan di sekolah agar program berjalan lancar, kita harus ikut serta dalam hal pelestarian serta pemeliharaannya dan tingkat kesehatan. Dan terpenting dalam kebersihan sekolah yaitu WC sekolah. Sering kita temukan di sekolah kebanyakan siswa-siswa tidak bersikap disiplin dalam pemakaian WC sekolah. Menjadikan WC sekolah kotor karena ulah siswa tersebut yang tidak menjaga WC sekolah, akibatnya WC menimbulkan efek bau di lingkungan sekolah.

Sebelum saya tutup, kesimpulan cara menjadikan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat dapat dilakukan dengan piket kelas, membuang sampah pada tempatnya, menyediakan tempat sampah kering dan sampah basah, menjaga kebersihan WC seperti menyiram bersih sesudah menggunakan WC, tidak membuang pembalut sembarangan dan ke ikutsertaan siswa dalam penghijauan.”Kebersihan adalah sebagian dari iman” dengan ini saya berharap teman-teman peduli dan sadar dengan pentingnya menjaga kebersihan.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Walbilaihi Taufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat pagi

Sekian Informasi yang dapat kami sampaikan pada pertemuan kali ini mengenai Contoh Teks Naskah Pidato Pengarahan. semoga bermanfaat.

pidato pengarahancontoh pidato pengarahannaskah pidato pengarahanPengarahan dalam pidatopidato pengarahan adalahxontoh naskah pidato pengarahan
Contoh Teks Naskah Pidato Pengarahan | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!