Contoh Teks Naskah Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Contoh Teks Naskah Pidato Singkat Bahasa Indonesia – Pertama-tama marikah kita ucapkan banyak syukur Kepada Ilaahi Robbi yang memberikan jutaan nikmatnya kepada kita semua terutama nikmat sehat wal afiat, selanjutnya solawat dan salam tak lupa dilimpahkan kepada penghulu semua utusan, penghulu pemimpin kita, Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga, shohabat, dan para pengikutnya. Sahabat nagrak.com pada di kesempatan kali  kami akan memberikan ulasan mengenai Contoh pidato Bahasa indonesia, Namu sebelum kami ke topik pembahasan izinkan kami untuk membahas mengenai pidato terlebih dahulu. Yang mana Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan publik / umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karir yang baik.

Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
3. Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.

Jenis-Jenis / Macam-Macam / Sifat-Sifat Pidato

Berdasarkan pada sifat dari isi pidato, pidato dapat dibedakan menjadi :
1. Pidato Pembukaan, adalah pidato singkat yang dibawakan oleh pembaca acara atau mc.
2. Pidato pengarahan adalah pdato untuk mengarahkan pada suatu pertemuan.
3. Pidato Sambutan, yaitu merupakan pidato yang disampaikan pada suatu acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang dapat dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian.
4. Pidato Peresmian, adalah pidato yang dilakukan oleh orang yang berpengaruh untuk meresmikan sesuatu.
5. Pidato Laporan, yakni pidato yang isinya adalah melaporkan suatu tugas atau kegiatan.
6. Pidato Pertanggungjawaban, adalah pidato yang berisi suatu laporan pertanggungjawaban.

Metode Pidato

Teknik atau metode dalam membawakan suatu pidatu di depan umum :
1. Metode menghapal, yaitu membuat suatu rencana pidato lalu menghapalkannya kata per kata.
2. Metode serta merta, yakni membawakan pidato tanpa persiapan dan hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan. Biasanya dalam keadaan darurat tak terduga banyak menggunakan tehnik serta merta.
3. Metode naskah, yaitu berpidato dengan menggunakan naskah yang telah dibuat sebelumnya dan umumnya dipakai pada pidato-pidato resmi.

Persiapan Pidato

Sebelum memberikan pidato di depan umum, ada baiknya untuk melakukan persiapan berikut ini :
1. Wawasan pendengar pidato secara umum
2. Mengetahui lama waktu atau durasi pidato yang akan dibawakan
3. Menyusun kata-kata yang mudah dipahami dan dimengerti.
4. Mengetahui jenis pidato dan tema acara.
5. Menyiapkan bahan-bahan dan perlengkapan pidato, dsb.

Kerangka Susunan Pidato

Skema susunan suatu pidato yang baik :
1. Pembukaan dengan salam pembuka
2. Pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi
3. Isi atau materi pidato secara sistematis : maksud, tujuan, sasaran, rencana, langkah, dll.
4. Penutup (kesimpulan, harapan, pesan, salam penutup, dll)

Contoh Teks Naskah Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Pidato Tema tentang kedisiplinan Siswa

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillahiladzi arsala rosulahu bilhuda wadinil haq liyuzhirohu ‘aladdini kulihi wakafa bilahi syahida.

Asyhaduala ilahailallah wa asyhaduanna muhammadan abduhu warosuluh

Allahuma saoli ‘ala muhammada wa’ala ali muhammad kama solaita ‘ala ibrohim wa ‘ala ali ibrohim innaka hammidum maji, wabarik ‘ala muhammad wa ali muhammad kama barokta’ala ibrohim wa ‘ala ali ibrohim innaka hammidum majid.

Segala puji syukur hanya kepada Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita sekalian sehingga kita dapat bertemu dan berkumpul bersilaturrami pada hari yang berbahagia ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Shalawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada Rasulullah Muhammad SAW, Keluarga dan para sahabatnya.

Yang terhormat ibu/ bapa guru juga rekan siswa-siswi sekalian, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pembahasan tentang kedisiplian siswa.

Hadirin sekalian yang saya hormati, Sadar akan hakikatnya, setiap manusia Indonesia di muka bumi ini selalu berbuat untuk hal yang lebih baik. Untuk mengubah prilaku menuju ke hal yang lebih baik itu tidaklah semudah yang kita bayangkan. Perubahan itu melalui perjalanan yang panjang, berjenjang, dan berkesinambungan. Satu-satunya jalur yang dapat ditempuh yakni dengan pendidikan.

Siswa adalah orang yang terlibat langsung dalam dunia pendidikan. Dalam perkembangannya harus melalui proses belajar. Termasuk di dalamnya belajar mengenal diri, belajar mengenal orang lain, dan belajar mengenal lingkungan sekitarnya. Ini dilakukan agar siswa dapat mengetahui dan menempatkan posisinya di tengah-tengah masyarakat sekaligus mampu mengendalikan diri.

Sifat pengendalian diri harus ditumbuhkembangkan pada diri siswa. Pengendalian diri di sini dimaksudkan adalah suatu kondisi di mana seseorang dalam perbuatannya selalu dapat menguasai diri sehingga tetap mengontrol dirinya dari berbagai keinginan yang terlalu meluap-luap dan berlebih-lebihan. Berarti dalam sifat pengendalian diri tersebut terkandung keteraturan hidup dan kepatuhan akan segala peraturan. Dengan kata lain, perbuatan siswa selalu berada dalam koridor disiplin dan tata tertib sekolah. Bila demikian, akan tumbuh rasa kedisiplinan siswa untuk selalu mengikuti tiap-tiap peraturan yang berlaku di sekolah. Mematuhi semua peraturan yang berlaku di sekolah merupakan suatu kewajiban bagi setiap siswa.

Hadirin sekalian yang saya hormati, Masalah kedisiplinan siswa menjadi sangat berarti bagi kemajuan sekolah. Di sekolah yang tertib akan selalu menciptakan proses pembelajaran yang baik. Sebaliknya, pada sekolah yang tidak tertib kondisinya akan jauh berbeda. Pelanggaran-pelanggaran yang terjadi sudah dianggap barang biasa dan untuk memperbaiki keadaan yang demikian tidaklah mudah. Hal ini diperlukan kerja keras dari berbagai pihak untuk mengubahnya, sehingga berbagai jenis pelanggaran terhadap disiplin dan tata tertib sekolah tersebut perlu dicegah dan ditangkal.

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan dalam bertutur kata. Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Walbilaihi Taufik Walhidayah Wassalamu’alaikum Wr.Wb. Selamat pagi

Contoh Teks Naskah Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Pidato Tema Nikmat Allah Yang di berikan kepada manusia

Assalamualaikum Warahmatullahi WabarakatuhHamdan Wasukronlillah, Wassholatu Wassalamu‘ala Rasulillah,Wa‘ala alihi, Wa Ashabihi Wamawwalah, Amma Ba’du.

Bapak ibu dewan juri yang saya hormati,

Teman-teman peserta lomba Aksioma se-Kabupaten Tasikmalaya yang saya sayangi.

Pertama dan yang utama, marilah kita panjatkan puji kehadirat Allah SWT,  yang telah menciptakan alam semesta dan seisinya, termasuk didalamnya ada manusia, dari ibu-ibu, bapak-bapak, pemuda dan pemudi, dari direktur sampai tukang cukur.

Syukur yang agung senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, Allah yang telah menciptkan manusia dari mulai orang kota sampai orang kampung, dari orang yang pesek sampai orang mancung, dari mulai orang pendek sampai orang jangkung, dari mulai orang yang gendut sampai orang yang rengkung.

Sholawat beserta salam semoga tetap tercurahkan kepada baginda alam, yang senantiasa akan menjadi rahmatullil ‘alam, yakni Nabi Muhammad SAW.

Hadirin kaum muslimin walmuslimat Rahimakulullah

Semenjak kita dalam kandungan Ibu sampai kita lahir, bahkan sampai hari Akhirat nantinya, manusia tidak akan luput dari Nikmat Allah SWT. Kalau kita bicara tentang Nikmat Allah, berarti kita tidak terlepas dari 4 perkara yang harus kita ketahui selaku hamba Allah:

  1. Orang yang memberi Nikmat.
  2. Nikmat apa yang diberikan.
  3. Orang yang menerima Nikmat.
  4. Ucapan Syukur terhadap nikmat yang diberikan Allah.

Hadirin kaum muslimin walmuslimat rohimakumullah

Yang pertama,  Orang yang memberikan nikmat.

Siapa yang memberikan nikmat teman-teman…? yang memberi nikmat itu adalah Allah SWT. dialah yang berkuasa menambah dan mengurangkan nikmat yang ada pada diri insan, kalau Allah berkehendak untuk menambahnya, maka tak seorangpun yang dapat menolaknya. dan begitu sebaliknya, kalau Allah berkehendak untuk mencabutnya, juga tak seorangpun yang mampu mempertahankannya. kenapa demikian teman-teman…? Karena Iradatullah Fauqa Kulli Iradah. “kehendak Allah diatas segala kehendak”. manusia hanya bisa berencana membuat ini dan itu namun keputusannya terletak pada keputusan Allah.

Meskipun kita telah memilki 1001 macam rencana, namun semua itu tidak berarti apa-apa kalau sipemberi nikmat tidak merestuinya, Betapa banyak kita lihat orang tua menginginkanya anak anaknya sekolah tinggi, tapi tak semua orang Tua dapat memperoleh apa yang diinginkannya.

Hadirin kaum muslimin walmuslimat rohimakumullah

Yang kedua,  Nikmat yang diberikan Allah

Secara garis besar nikmat yang diberikan Allah Swt kepada Ummat manusia terbagi menjadi dua. yang pertama nikmat Ijad. artinya, mengadakan sesuatu nikmat yang belum ada. dan yang kedua nikmat Imdad. yaitu, nikmat yang diberikan Allah ada kelanjutanya, Nikmat yang paling diantara nikmat yang diberikan Allah itu adalah nikmat Iman dan kesehatan. Kalaulah manusia menghitung nikmat Allah yang ada, meskipun dibantu oleh Computer dan alat teknologi canggih lainnya tak seorangpun yang sanggup menghitungnya, ranting-ranting dijadikan pena, daun-daun sebagai bukunya dan lautan sebagai tintanya tentu belum cukup untuk menuliskan nikmat Allah yang diberikan kepada manusia sebagaimana firman Alloh yang berbunyi

” وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَاللهِ لاَتُحْسُوْاهَا “

“Dan jika kamu hitung nikmat Allah, niscaya takan sanggup kamu menghitungnya”

Hadirin kaum muslimin walmuslimat rohimakumullah

Yang ketiga  Orang yang menerima nikmat Allah

Sikap manusia dalam menerima Nikmat Allah tidaklah sama, ada orang yang ketika menerima nikmat yang diberikan-Nya, dia tidak ingat siapa yang memberi nikmat. dan ada pula orang yang ketika menerima nikmat dar-Nya, dia ingat akan orang yang memberi nikmat kepadanya. sehingga akan terlancarlah dimulutnya kalimah-kalimah yang baik dan bernilai Ibadah disisi Allah SWT. Nah, orang yang seperti ini akan ditambah nikmatnya oleh Allah SWT. dalam Surat Ibrahim ayat 7 Allah bertfirman:

لَإِنْ شَكَرْتُمْ َلَأَزِيْدَنَّا كُمْ وَلَإِن كَفَرْتُمْ إِنَّا عَذَابىِ لَشَدِيْدٌ

“Sungguh jika kamu sukuri nikmat-Ku akan-Ku tambah nikmat yang Kuberikan kepadamu. Dan jika kamu kufur terhadap nikmat yang Kuberikan, niscaya Azab-Ku sangat pedih”

Kaum Muslimin wal muslimat Rahimakumullah

Yang keempat,  Adanya Ucapan Syukur terhadap nikmatnya

Nah, kewajiban kita selaku orang Mukmin dengan berdasarkan ayat diatas adalah Mensyukuri Nikmat Allah yang diberikannya kepada kita. dan salah satu tanda – tanda orang yang mensyukuri nikmat Allah, lahirlah ucapan-ucapan baik pada mulutnya. contoh kecilnya saja, ketika kita akan makan diawali dengan Bismillah dan ketika telah selesai makan diakhiri dengan Alhamdulillah.

Kaum muslimin walmuslilmat Rahimakumulla

Sepanjang uraian diatas dapatlah kita ambil kesimpulan:

  1. Marilah kita Mensyukri nikmat Allah SWT yang telah diberikannya kepada kita dengan jalan menta’ati segala perintah-Nya dan meninggalkan segala         larangan-Nya, karna dengan itulah seorang manusia akan memperoleh derajat yang paling mulia disisi Allah Swt.
  2. Berdasarkan surat Ibrahim ayat 7 manusia akan di azab apabila dia meninggalkan syukur kepada Allah SWT. Namun sebaliknya apabila kita bersyukur tentu nikmat yang ada akan ditambah oleh Allah SWT.

Demikianlah, pidato yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga  kita bernar-benar  menjadi  muslim yang pandai mensyukuri nikmat Allah. Sehingga Dia akan semakin menambah nikmat-Nya   kepada kita, amin ya rabbala’lamiin,  akhirnya  terima kasih atas perhatiannya  dan  mohan maaf atas segala kesalahan dan kekhilafannya.
wabillahi taufik walhidayah …… wassalamu alaikum wr. Wb.

Contoh Teks Naskah Pidato Singkat Bahasa Indonesia

Pidato Tema Tentang Orang Tua dan Guru

Assalamualaikum Wr. Wb.

Tiada kata yang pantas kita ucapkan, melainkan kata syukur ( Alkhamdulillahirabbil….alamin ) sebagai hamba yang lemah, yang dhoif, yang selalu lupa akan nikmat yang diberikannya.
Sholawat maas salam ( allahumma sholli ala Muhammad ) semoga terlimpahkan kepada junjungan kita nabi akhiriz zaman beliau adalah The best man in the world yaitu Nabi Agung Muhammad SAW. Yang selalu kita ikuti sunah risalahnya kita teruskan perjuangannya dan kita nantikan syafaatnya kelak di yaumul kiyamah. Amin allahumma amin.

Hadirin Hadirat rahimakumullah.
Setiap manusia sudah pasti memiliki orang tua. Tidak satupun manusia yang lahir tanpa orang tua. Maka kita harus menghormati orang tua kita.
Disamping memiliki orang tua, kita juga memiliki guru, guru adalah orang yang mengajarkan kepada kita tentang berbagai ilmu , betapa mulianya mereka, sehingga kita wajib berbakti kepada guru. Betul …. ?

Maka dalam kesempatan yang berbahagia ini perkenankanlah saya menyampaikan pidato dengan judul “Berbakti kepada orang tua dan guru”
Teman-teman. Ayo, bersyukur kepada Allah. Ayo, bersalawat kepada rasulullah. Dan ayo, berbakti kepada orang tua dan guru .
Teman-temanku, maukah kalian masuk surga? Ayo, mau tidak? Jika mau, begini caranya: Satu-satu hormati ibumu, dua-dua hormati ayahmu, tiga-tiga hormat ibu bapak guru, satu dua tiga jalan masuk surga. Teman-teman hormatilah orang tua dan guru. Agar kamu selamat dunia akhirat.betul..?
Hadirin hadirat rahimakumullah.
Sebagai seorang Muslim kita wajib berbakti kepada kedua orang tua sebagaimana difirmankan Allah dalam surat An-Nisa’ ayat 36 yang berbunyi :
Wa’budullaha wala tusyrikubihi syai’an wabil wa lidaini ikhsanan.
Yang artinya: Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada kedua orangtua

Ayat tadi memerintahkan kepada kita agar senantiasa menyembah Allah, dan berbuat baik kepada kedua orangtua kita.
Cobalah kita hitung jasa kedua orangtua kita, tentu tidak akan mampu menghitungnya, karena jasa mereka sangat besar tiada terkira.
teman-teman? Sebenarnya Siapa sih orang tua itu ?
Orang tua itu, orang yang telah melahirkan kita, orang mengasuh kita, orang yang telah mendidik dan membesarkan kita.betul? Kita tidak akan lahir kalau tidak ada bapak dan ibu, betul teman-teman? Betul teman-teman ? karena bapak dan ibulah yang menjadi lantaran kita lahir kedunia ini. Sehingga kita wajib berbakti kepada kedua orang tua kita.tapi apa kenyataannya . masih ada juga yang berani sama orang tua, membantah perintah orang tua. Tidak menghormati orang tua.teman-teman disini ada ndak yang masih berani sama orang tua hayo….? ada tidak..?. teman-teman Coba Bayangkan,
”Bapak” bapak kita sudah berusaha bersusah payah dengan sekuat tenaga dan fikiran ( dalam kata lain membanting tulang) untuk apa ? untuk apa coba ! untuk mencari nafkah, untuk mencukupi kebutuhan keluarga, termasuk kebutuhan kita.
”Ibu ” : Ibu yang telah mengandung kita. dengan susah payah selama 9 bulan 9 hari. Pahit getir rasanya. Namun apa. ibu tetap ikhlas sabar dan tawakal kepada Allah SWT
”Ibu” : ibu yang menyusui kita. selama 2 tahun sakit tidak dirasa lelah tidak dirasa.
”Ibu” : ibu yang merawat kita. membimbing kita dan memberikan segala kebutuhan hidup kita.demi apa coba ! Demi terlaksana cita-cita kita. ibu rela berkorban apa saja, makanya, kita sebagai seorang anak tidak sepantasnya membantah perintah orang tua.kita harus menghormati orang tua. Sebab bila kita berani atau durhaka pada orang tua !…….. kita bisa digolongkan termasuk orang yang berdosa be…sar, di dunia kita sulit……untuk memperoleh manfaat dari hi….dup dan diakhirat akan…. mendapat siksa api ne…..raka

Teman-teman……..!
Boleh tidak kalau kita membuat sakit hati orang tua ?
kalau tidak boleh, mari kita sebagai seorang anak patuh dan hormat kepada orang tua kita.Meskipun kita sedang asyik main atau lagi repot mengerjakan PR, kalau di suruh orang tua harus segeralah melakukannya.
“Ah……..nanti dulu, sedang asyik main, nich…….! menjawab kaya’ itu tidak bo….leh. Berdosa be….besar!
Allah ta’ala berfirman yang artinya :
”Dan telah kami perintahkan kepada manusia ( untuk berbuat baik) kepada kedua orang tua, ibunya yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah lemah, dan menyapihnya dalam 2 tahun, maka bersyukurlah kepadanya dan berbaktilah kepada kedua orang tuamu. Taatilah nasehatnya, dan turutilah perintahnya.
Oleh karena itu, kita sebagai anak, sudah seharusnya mentaati perintah dan nasehat orang tua, disamping itu juga, kita laksanakan perintah Allah SWT.
Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulallah Muhammad SAW “Ridha illahi fi ridai walidain ”
yang artinya : Ridho Allah itu, tergantung dari ridha orang tua. dan murka Allah tergantung murka orang tua
maka dari itu Janganlah kita semua sekali-kali membentak orang tua kita dan janganlah sekali-kali berkata ”hus” Ucapkanlah kepada bapak ibu kita kata-kata yang baik dan mulia.
Hadirin, hadhirat rahimmakumullah.
disamping menaati perintah orang tua, sewaktu-waktu kita harus mendoakan keduanya, do’anya seperti ini” Bismillahirrohmaanirrohim ”
“Allahhummaghfirli Waaliwalidaiiya warhamhumma kamaa robbayaani shoghiro”
yang artinya : “Ya Allah ampunilah dosaku dan dosa kedua orang tuaku, sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangiku diwaktu kecil.”
Teman-teman…
Sejak kecil kita ditimang, disayang oleh orang tua kita, dengan harapan apa coba.dengan harapan agar jadi anak sholeh atau sholekhah, rajin sholat, rajin ngaji, orang tua dihormati dan cinta islam sampai mati.
Teman-teman yang berbahagia
Disamping menghormati orang tua, kita juga harus menghormati ibu bapak guru, karena beliaulah yang mengajarkan kita dengan berbagai ilmu pengetahuan serta mendidik kita menjadi orang yang berguna pada masa yang akan datang. Walau bagaimana tingginya pangkat atau kedudukan seseorang . mereka pasti bekas murid yang tetap berhutang budi kepada gurunya yang pernah mendidiknya pada masa dahulu.betul…?
Oleh itu Islam mengajar kita supaya menghormati guru dan memuliakannya sebagaimana kita memuliakan ibu bapak kita.karena merekalah yang menyampaikan ilmu kepada kita untuk kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Dan juga sebagai pengganti ibu bapak kita bila kita berada di Madrasah
Rasulallah bersabda : Siapa yang memuliakan orang alim atau guru sesungguhnya dia memuliakan Allah..
Mudah-mudahan kita menjadi waladun solihun. Aamin ya Robbal ‘Alamin
Itulah dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua dan akhirnya “Tiada gading yang tak retak” Tiada suatupun yang sempurna, walaupun kecil pasti ada cacat dan celanya.
Burung Irian burung Cenderawasih, cukup sekian dan terima kasih…..

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Nah,, itulah ulasan mengenai Contoh Pidato bahasa indonesia yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dan mudah mudahan bisa menjadi refensi untuk sahabat semua.
pidato tentang lgbtteks pidato bahasa sunda tentang akhlakpidato tentang ilmu yang lucucontoh teks pidato calon perangkat desapidato bahasa inggris tentang syukur nikmatpidato bahasa inggris tentang ayahcontoh pidato perangkat desa barupidato bahasa arab tentang ibucontoh pembukaan pidato bahasa sunda lucucontoh pidato calon perangkat desa
Contoh Teks Naskah Pidato Singkat Bahasa Indonesia | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!