Pengertian Asuransi Pendidikan

Pengertian Asuransi Pendidikan – Sahabat nagrak.com yang berbahagia. pada kesempatan kali ini kami masih membahas mengenai asuransi yaitu Pengertian Asuransi PendidikanAsuransi pendidikan adalah mempersiapkan dana pendidikan anak kelak yang akan diperoleh ketika anak masuk jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, dan atau Perguruan Tinggi. Dalam asuransi pendidikan biasanya orang tua adalah pemilik asuransi. Namun, banyak yang tidak mengetahui, bahwa sebenarnya konsep asuransi secara murni (original) dikenal sejak zaman sebelum masehi, dimana manusia pada masa itu meski terus berusaha menyelamatkan jiwanya dari berbagai ancaman antara lain, kekurangan bahan makanan, dan pendidikan. Di zaman modern ini, masih banyak anak yang tidak mendapatkan pendidikan yang layak karena kondisi ekonomi orang tuanya.

Dengan mendaftarkan kepada salah satu perusahaan asuransi pendidikan, anak akan dapat memperoleh pendidikan hingga perguruan tinggi. Dan dari perusahaan asuransi akan memberikan dana dengan jumlah yang telah disepakati dengan pihak tertanggung dengan waktu disaat anak masuk sekolah. Dengan ini, dapat memberikan manfaat perlindungan ekonomi dengan jaminan ketersediaannya dana untuk sekolah. Selain itu asuransi pendidikan memberikan manfaat perlindungan jiwa dan investasi bagi masa depan pendidikan anak yaitu dengan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang anda bayarkan.

Manfaat Asuransi Pendidikan

Asuransi pendidikan memiliki dua manfaat yaitu memberikan manfaat investasi dan manfaat perlindungan ekonomi.

  • Asuransi pendidikan memberikan manfaat investasi, karena perusahaan asuransi akan mengelola dan menginvestasikan sebagian premi yang anda bayarkan. Dan perusahaan asuransi akan memberikan dana yang jumlahnya telah disepakati dalam polis asuransi, dana tersebut akan dibayarkan kepada anda sesuai dengan waktu dimana anak akan masuk sekolah. Seperti membayar uang pangkal sekolah, uang pendaftaran, uang sumbangan pembangunan, dan buku paket wajib.
  • Asuransi pendidikan juga memberikan manfaat perlindungan ekonomi, yaitu dengan menjanjikan sejumlah uang jika anda sebagai orang tua mengalami kematian.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua saat Membeli Asuransi Pendidikan

Biasanya orang tua sering melakukan kesalahan ketika membeli asuransi pendidikan, diantaranya:

  • Menempatkan nama anak sebagai tertanggung dalam polis “Asuransi Pendidikan.” Ini dapat berakibat fatal pada rencana keuangan anda. Seharusnya nama tertanggung dalam polis asuransi jiwa adalah nama orang tua sebagai pemberi nafkah utama. Sehingga jika terjadi meninggal, anak sebagai ahli waris dapat menerima manfaat uang pertanggungan dari polis asuransi tersebut.
  • Tidak memperhatikan target dana pendidikan. Saat membeli “Asuransi Pendidikan” orang tua seringkali hanya memperhatikan besarnya premi yang dibayarkan lalu melupakan tujuan utama yaitu dapat menerima sejumlah uang yang cukup saat anak masuk jenjang pendidikan.

Tips Memilih Asuransi Pendidikan

Ketika menyusun rencana keuangan keluarga, seperti asuransi pendidikan anak. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Sebab, saat ini banyak perusahaan yang menawarkan beragam produk asuransi. Agar tidak salah pilih, tidak ada salahnya jika anda menyimak tips memilih asuransi pendidikan anak di bawah ini:

a. Kenali perusahaan asuransi serta agennya

Seperti yang kita ketahui, ada istilah tak kenal maka tak sayang, istilah ini ada baiknya anda gunakan untuk memilih sebuah program asuransi pendidikan. Untuk itu luangkan waktu untuk meneliti dan mengobservasi produk asuransi beserta perusahaan asuransi. Setelah yakin, ada baiknya telepon atau bahkan datangi kantor cabangnya.

b. Tarif premi

Hitunglah premi yang harus dibayarkan, jangan hanya mencari yang murah. Ada beberapa faktor yang harus diketahui. Kita harus membandingkan besarnya premi yang harus dibayarkan dengan nilai tabungan pendidikan yang kita dapat saat jatuh tempo. Sesuai atau tidaknya dengan biaya sekolah yang kita butuhkan di masa depan.

c. Jangan tergiur penawaran khusus

Penawaran seperti “Cashback” dan lain sebagainya adalah iming-iming yang mudah membuat kita tergiur. Pelajari lebih lanjut terlebih dahulu. Mintalah penjelasan lebih lanjut mengenai paket tersebut, tanya lebih detil, bagaimana perbandingan antara pendidikan dan jiwa.

d. Fleksibilitas penarikan dana

Tips terakhir dalam memilih asuransi pendidikan anak, adalah cara sistem menarik tabungan dana pendidikan dan cara ketika kita menarik diluar waktu yang disepakati. Contohnya, kita menarik 1 tahun lebih cepat karena anak masuk kelas akselerasi dan lulus 1 tahun lebih cepat.

Perbedaan Asuransi Pendidikan dengan Tabungan Pendidikan

Asuransi pendidikan adalah program investasi dan asuransi yang dikelola oleh perusahaan asuransi, dimana hasil investasi yang diberikan umumnya lebih tinggi daripada tabungan pendidikan karena pengelolaan dananya bisa menggunakan beberapa instrument investasi yang lebih progresif. Program asuransinya juga ada yang bisa digunakan untuk kebutuhan asuransi atau rencana keuangan lainnya. Tabungan pendidikan adalah program tabungan yang dikelola oleh Bank dengan memberikan perlindungan asuransi didalamnya. Dana customer akan dikelola dalam sistem tabungan dan deposito, sehingga memberikan hasil lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan pada dasarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu sebuah investasi yang khusus dipersiapkan untuk mencukupi biaya pendidikannya nanti. Walaupun memiliki tujuan yang sama, namun asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk menentukan yang lebih baik perlu melihat mana yang lebih cocok untuk anda jalankan. Biasanya hasil investasi di asuransi pendidikan relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Namun asuransi tidak bisa sefleksibel tabungan, kalau mau dihentikan ditengah jalan, harus menunggu sekitar 3 tahun sampai ada nilai tunai untuk diuangkan. Dan biasanya, prosesnya pun lebih berbelit dan perlu waktu lebih lama dibandingkan dengan tabungan pendidikan.

Melihat karakteristik dari keduanya dapat disimpulkan pula bahwa tabungan pendidikan merupakan investasi jangka pendek hingga menengah, sedangkan asuransi pendidikan merupakan investasi jangka menengah hingga panjang.

Demikianlahpembahasan yang dapat kami sampaikan pada kesempatan mengenai Pengertian Asuransi Pendidikan. Semoga bermanfaat.

cek saldo asuransi bumiputeracara cek saldo asuransi bumiputeracara cek saldo asuransi jiwasrayacek saldo polis asuransi jiwasrayaasuransi tokio marine penipukelebihan dan kekurangan asuransi ramayanacara mengetahui saldo asuransi jiwasrayatokio marine penipucara cek polis asuransi bumiputera onlinecara cek saldo jiwasraya
Pengertian Asuransi Pendidikan | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!