Pengertian Internet dan Manfaat Serta Kelebihan Internet

Pengertian Internet dan Manfaat Serta Kelebihan Internet – Di era globalisasi, negara-negara di berbagai belahan dunia sudah tidak ada lagi batas dalam memperoleh informasi. Dalam waktu yang sama di tempat berbeda dengan jarak yang jauh sekalipun orang saling bertukar informasi dan berkomunikasi. Kemajuan teknologi informasi ini tidak hanya dirasakan oleh dunia bisnis, akan tetapi dunia pendidikan juga ikut merasakan manfaatnya. Perkembangan teknologi informasi lebih terasa manfaatnya dengan hadirya jaringan internet yang memanfaatkan satelit sebagai media transformasi. Hadirnya internet sebagai sumber informasi ini sangat memungkinkan seseorang untuk mencari dan menyebarkan segala ilmu pengetahuan dan teknotogi termasuk penemuan penelitian ke seluruh dunia dengan mudah, cepat dan murah, sehingga pertumbuhan ilmu pengetahuan dan teknologi diharapkan dapat lebih cepat dan merata. Dengan demikian segala informasi yang ada di internet dapat dijadikan sebagai sumber belajar.

Pengertian Internet

Pengertian internet itu sendiri adalah jaringan (Network) komputer terbesar di dunia. Jaringan berarti kelompok komputer yang dihubungkan bersama, sehingga dapat berbagi pakai informasi dan sumber daya (Shirky, 1995:2). Daam internet terkandung sejumlah standar untuk melewatkan informasi dari satu jaringan ke jaringan lainnya, sehingga jaringan-jaringan di seluruh dunia dapat berkomunikasi.

Sidharta (1996) memberikan definisi yang sangat luas terhadap pengertian internet. Internet adalah forum global pertama dan perpustakaan global pertama dimana setiap pemakai dapat berpartisipasi dalam segala waktu. Karena internet merupakan perpustakaan global, maka pemakai dapat memanfaatkannya sebagai sumber beiajar.

Secara umum dapat dikatakan bahwa internet adalah suatu istilah yang digunakan untuk menggambarkan saling hubungan antar jaringan-jaringan komputer yang sedemikian rupa sehingga memungkinkan komputer-komputer itu berkomunikasi satu sama lain.

Spesifikasi Peralatan Internet

Agar kita dapat mengoperasikan internet dengan baik, maka dibutuhkan perangkat keras dan perangkat lunak yang memadai. Perangkat keras adalah komponen-komponen fisik yang membentuk suatu sistem komputer serta peralatan-peralatan lain yang mendukung komputer untuk melakukan tugasnya. Perangkat keras tersebut berupa:

1) satu unit komputer,

2) modem,

3) jaringan telepon,

4) adanya sambungan dengan ISP (Internet Service Provider).

Sedangkan perangkat lunak adalah program-program yang diperlukan untuk menjalankan perangkat keras komputer. Perangkat lunak ini kita pilih sesuai dengan:

(1) kemampuan perangkat keras yang kita miliki,

(2) kelengkapan layanan yang diberikan,

(3) kemudahan dan perangkat itu untuk kita operasikan dalam (User Friendly).

Manfaat dan Kelebihan Internet

Teknologi internet hadir sebagai media yang multifungsi. Komunikasi melalui internet dapat dilakukan secara interpesonal (misalnya e-mail dan chatting) atau secara masal, yang dikenal one to many communication (misalnya mailing list), Internet juga mampu hadir secara real time audio visual seperti pada metoda konvensional dengan adanya aplikasi teleconference.

Berdasarkan hal tersebut, maka internet sebagai media pendidikan mampu menghadapkan karakteristik yang khas, yaitu

a. sebagai media interpersonal dan massa;

b. bersifat interaktif,

c. memungkinkan komunikasi secara sinkron maupun asinkron.

Karakteristik ini memungkinkan pelajar melakukan komunikasi dengan sumber ilmu secara lebih luas bila dibandingkan dengan hanya menggunakan media konvensional. Teknologi internet menunjang pelaiar yang mengalami keterbatasan ruang dan waktu untuk tetap dapat menikmati pendidikan. Metoda talk dan chalk, “nyantri, “usrah” dapat dimodifikasi dalam bentuk komunikasi melalui e-mail, mailing list dan chatting. Mailing list dapat dianalogikan dengan “usrah”, dimana pakar akan berdiskusi bersama anggota mailing list. Metoda ini mampu menghilangkan jarak antara pakar dengan pelaiar. Suasana yang hangat dan nonformal pada mailing list ternyata memadi cara pernbelajaran yang efektif seperti pada metoda “usrah”.

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan teknologi informasi:

• Arus informasi tetap mengalir setiap waktu tanpa ada batasan waktu dan tempat;

• Kemudahan mendapatkan resource yang lengkap,

• Aktifitas pembelajaran pelajar meningkat,

• Daya tampung meningkat,

• Adanya standarisasi pembelajaran,

• Meningkatkan learning outcomes baik kuantitas/kualitas.

Berdasarkan uraian di atas, dapat dikatakan bahwa internet bukanlah pengganti sistem pendidikan, Kehadiran internet lebih bersifat suplementer dan pelengkap. Metoda konvensional tetap diperlukan, hanya saja dapat dimodifikasi ke bentuk lain. Metoda talk dan chalk dimodifikasi rnenjadi online conference. Metoda “nyantri” dan “usrah” mengalami modifikasi menjadi diskusi melalui mailing list.

Seiain sebagai media komunikasi, internet juga sering digunakan sebagai media pendidikan, khususnya mahasiswa yang browsing atau mencari intormasi tantang pengetahuan umum. Namun itu tidak meminimalisir kemungkinan pelajar setingkat SMA, SMP bahkan Sekolah Dasar (SD) sekalipun menggunakannya sebagai media pendidikan dan pembefajaran.

Itulah salah satu fungsi internet, bila kita bijak dalam menggunakannya maka kita pun akan mendapatkan manfaatnya. Karena browsing di dunia maya banyak sekali manfaat dan kegunaannya. Mulailah budayakan teknologi internet mulai dari sekolah dan mulailah belajar mengerti bagaimana menggunakan internet yang baik dan sesuai ketentuan yang berlaku. Karena tak jarang pula banyak para pengguna internet menggunakannya untuk kegiatan yang kurang baik.

Selain itu manfaat internet adalah virtual university merupakan sebuah aplikasi baru bagi internet. Virtual university memiliki karakteristik yang scalable, yaitu dapat menyediakan pendidikan yang diakses oleh orang banyak. Jika pendidikan hanya dilakukan dalam kelas biasa, berapa jumlah orang yang dapat ikut serta dalam satu kelas? Jumlah peserta mungkin hanya dapat diisi 40-50 orang. Virtual university dapat diakses oleh siapa saja, darimana saja. Penyedia layanan Virtual University ini adalah www.ibuteledukasi.com.

Bagi Indonesia, manfaat-manfaat yang disebutkan di atas sudah dapat menjadi alasan yang kuat untuk menjadikan internet sebagai infrastruktur bidang pendidikan. Untuk merangkumkan manfaat internet bagi bidang pendidikan di Indonesia:

• Akses ke perpustakaan;

• Akses ke pakar;

• Melaksanakan kegiatan kuliah secara online;

• Menyediakan layanan informasi akademik suatu institusi pendidikan;

• Menyediakan fasilitas mesin pencari data;

• Meyediakan fasilitas diskusi;

• Menyediakan fasilitas direktori alumni dan sekolah;

• Menyediakan fasilitas kerjasama; dan lain-lain.

konsep internet safetypengertian internet safetypengertian konsep internet safetymenjelaskan konsep internet safetyjelaskan konsep internet safetyTeks pidato tentang lingkungan pendidikan dan sosialapa yang dimaksud internet safetykonsep internet seftipengertian cyber safetykonsep internet safety adalah
Pengertian Internet dan Manfaat Serta Kelebihan Internet | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!