Pengertian Tentang Anekdot

Pengertian Tentang Anekdot – Anekdot adalah sebuah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin menggambarkan kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot bisa saja sesingkat pengaturan dan provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot selalu disajikan berdasarkan pada kejadian nyata melibatkan orang-orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau tidak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi. Namun, seiring waktu, modifikasi pada saat penceritaan kembali dapat mengubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritakan kembali tapi “terlalu bagus untuk nyata”. Terkadang menghibur, anekdot bukanlah lelucon, karena tujuan utamanya adalah tidak hanya untuk membangkitkan tawa, tetapi untuk mengungkapkan suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk melukiskan suatu sifat karakter dengan ringan sehingga ia menghentak dalam kilasan pemahaman yang langsung pada intinya

Pengertian Anekdot Menurut para ahli

Anekdot adalah sebuah cerita singkat yang lucu dan menarik yang menggambarkan kejadian seseorang atau terhadap gagasan tertentu., Sedangkan pengertian anekdot menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indoneisa) yang dituliskan bahwa anekdot adalah cerita lucu karna menarik dan mengesankan, bisananya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Dengan bentuk dan gambaran yang singkat dan pendek, anekdot mempunyai sifat yang lentur sehingga memiliki banyak pembaca.

Unsur-unsur Anekdot

Unsur-unsur anekdot dibagi menjadi dua, yaitu unsur intrinsik dan unsur kebahasaannya.

Unsur Intrinsik Anekdot :

1. Alur
2. Tema
3. Penokohan
4. Latar
5. Sudut pandang
6. Amanat

Unsur Kebahasaanya :

1. Kalimat tanya
2. Kalimat berita
3. Kalimat perintah

Struktur Anekdot

Struktur anekdot ada lima, yaitu :

1. Abstraksi : Bagian awal paragraph yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks, biasnya bagian ini menunjukan hal unik yang aka nada di dalam teks.

2. Orientasi : Bagian yang menunjukkan awal kejadian atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi, biasanya penulis bercerita dengan detail dibagian ini.

3. Krisis : Bagian dimana terjadi hal atau maslah yang unik atau tidak biasa terjadi.

4. Reaksi : bagian bagaimana cara penulis atau orang yang ditulis menyelesaikan masalah yang timbul dibagian krisis tadi.

5. Koda : bagian akhir dari cerita yang memberikan sebuah kesimpulan.

Kaidah Anekdot

Kaidah yang dimiliki anekdot, antara lain :

1. Menggunakan waktu lampau. Contoh : Saya menemukannya semalam.
2. Menggunakan pertanyaan rotoris. Contoh : Apakah kamu tahu?
3. Menggunakan kata sambung (konjungsi) waktu. Contoh : Kemudia, setelah itu, dll.
4. Menggunakan karta kerja. Contoh : Pergi, tulis, dll.
5. Menggunakan kalimat perintah. Contoh : Tutuplah pintu itu!
6. Menggunakan kalimat seru. Contoh : Kembalikan uangku!

MENYUNTING TEKS ANEKDOT

Teks anekdot yang belum disunting :

Bodrex
Suatu hari di bulan puasa saat seorang kakek sedang puasa tiba-tiba kepalanya sakit, dengan panik si kakek langsung minum obat bodrex.
Cucunya yang melihat kejadian itu langsung itu langsung bertanya,”kakekkan puasa, kenapa minum obat?”
Si kakek langsung menjawab,”itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja dan dimana saja!!!”

Teks anekdot yang sudah di sunting

Suatu hari di bulan puasa saat seorang kakek sedang puasa,tiba-tiba kepalanya sakit, dengan paniknya si kakek langsung minum obat bodrex.
Cucunya yang melihat kejadian itu langsung bertanya,”kakekkan puasa,kenapa minum obat?”.
Si kakek langsumg menjawab,”itulah okenya bodrex, bisa diminum kapan saja dan dimana saja !!!”’lalu si cucu pun tercengang dan si cucu pun pergi meninggalkan kakek.

teks bahasa arab tentang perbankan syariahpengertian an nafidefinisi operasional dari hiperaktifkata kata kontes burungpengertian al qawiyyucontoh artikel sunda tentang ujianpengertian Anekdot tokoh terkenal Fiksipernyataan pengunduran diri ketua rwpidato bahasa arab tentang pahlawanpidato singkat b cirebon
Pengertian Tentang Anekdot | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!