Pengertian Tentang Hiperaktif

Pengertian Tentang Hiperaktif – Hiperaktif adalah anak yang mempunyai keaktifan yang lebih atau kelainan perilaku yang tak jelas asal-usulnya. Beberapa pendapat lain mengemukakan bahwa, hiperaktif berhubungan erat dengan tingkat kecerdasan (IQ) tinggi, dan beberapa pendapat lain mengatakan bahwa seorang anak yang dikatakan hiperaktif biasanya memiliki IQ tinggi. Hiperaktif seringkali mengarah ke autisme anak yang mengalami gangguan interaksi sosial, komunikasi, serta imajinasi).

Karakteristik Hiperaktif

Anak yang hiperaktif biasanya mengalami kesukaran dalam memusatkan perhatian pada jangka waktu tertentu. Anak hanya mampu memusatkan dalam waktu yang sangat pendek. Anak hiperaktif juga mudah tergangu perhatian dan pikirannya, dan tidak mampu mengontrol diri untuk bersikap tenang. Anak yang hiperaktif biasanya sering banyak bicara, tindakan-tindakannya tidak bertujuan, berlari-lari atau memanjat secara berlebihan, sulit duduk tenang atau gelisah secara berlebihan, bergerak terus-menerus atau berbuat sesuatu bagaikan digerakan oleh mesin, sulit tetap tinggal duduk.

Faktor Penyebab Hiperaktif

Berdasarkan penyebab hiperaktif dibedakan dalam dua kelompok, yaitu faktor psikis maupn fisik. Dari faktor psikis (neurolog) umumnya bahwa anak penderita hiperaktif tampak terjadi abnormalitas aktivitas otak. Sedangkan dari sisi psikologis terjadinya tingkah laku hiperaktif lebih di pengaruhi karena kurangnya perhatian atau cinta kasih orang tua. Akibat jiwa anak yang mengalami kekosongan belaian kasih. Sebagai kompensasi atas kondisi tersebut akak mencoba mencari pemuasan diri melalui objek lain atau tindakan untuk menggantikannya.

pidato singkat tentang maulid nabi untuk anak sd
Pengertian Tentang Hiperaktif | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!