Pengertian Tentang Konflik Sosial

Pengertian Tentang Konflik Sosial – Gejala-gejala yang tidak dikehendaki masyarakat bersangkutan merupakan gejala abnormal. Hal ini disebabkan karena unsur-unsur masyarakat tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga menyebabkan kekecewaan – kekecewaan dan penderitaan. Gejala-gejala abnormal tesebut dinamakan konflik sosial. Konflik sosial berbeda dengan problem-problem lainnya di dalam masyarakat, karena masalah-masalah sosial tersebut berhubungan erat dengan nilai-nilai sosial dan lembaga-lembaga kemasyarakatan. Masalah tersebut bersifat sosial karena bersangkut paut dengan hubungan antar manusia dan di dalam kerangka bagian-bagian kebudayaan yang normatif. Hal ini dinamakan masalah karena bersangkut pait dengan gejala-gejala yang mengganggu kelanggengan dalam masyarakat.

Dengan demikian, konflik sosial adalah suatu ketidaksesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial, atau menghambat terpenuhinya keinginan-keinginan pokok warga kelompok sosial tersebut, sehingga menyebabkan kepincangan ikatan sosial.

Klasifikasi dan Sebab-sebab Konflik Sosial

Kepincangan-kepincangan mana yang dianggap konflik sosial oleh masyarakat tergantung dari sistem nilai sosial masyarakat tersebut. Akan tetapi ada beberapa persoalan yang dihadapi oleh masyarakat-masyarakat pada umumnya sama yaitu misalnya:

1. Kemiskinan

Kemiskinan diartikan sebagai suatu keadaan dimana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental maupun fisiknya dalam kelompok tersebut.

2. Kejahatan

Sosiologi berpendapat bahwa kejahatan disebabkan karena kondisi-kondisi dan proses-proses yang sama yang menghasilkan perilaku-perilaku sosial lainnya.

3. Disorganisasi Keluarga

Adalah perpecahan keluarga sebagai suatu unit, karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban yang sesuai dengan peranan sosialnya.

4. Masalah generasi muda dalam masyarakat modern

Masalah generasi muda pada umumnya ditandai oleh keinginan untuk melawan dan sikap yang apatis.

5. Peperangan

Peperangan mungkin merupakan masalah sosial paling sulit dipecahkan sepanjang sejarah kehidupan manusia.

6. Pelanggaran terhadap norma-norma masyarakat antara lain pelacuran, dilenkuensi anak-anak, alkoholisme, homoseksualitas.

7. Masalah kependudukan

Penduduk suatu negara pada hakikatnya merupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan, sebab penduduk merupakan subyek serta obyek pembangunan.

8. Masalah lingkungan hidup

Apabila seseorang membicarakan lingkungan hidup, maka biasanya yang dipikirkan adalah hal-hal atau apa-apa yang berada disekita manusia, baik sesuai sebagai individu maupun dalam pergaulan hidup.

9. Birokrasi

Pengertian birokrasi menunjuk pada suatu organisasi yang dimaksudkan untuk mengerahkan tenaga dengan teratur dan terus menerus, untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Masalah sosial timbul dari kekurangan-kekurangan dalam diri manusia atau kelompok sosial yang bersumber pada faktor-faktor ekonomis, biologis, biopsikologis dan kebudayaan.

contoh karya ilmiah masalah sosialcontoh warta bahasa sunda tentang masalah sosial com
Pengertian Tentang Konflik Sosial | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!