Pengertian Tentang Rasa Takut

Pengertian Tentang Rasa Takut – Rasa takut oleh sebagian orang diartikan sama dengan rendah diri atau phobia, rasa takut biasanya disebabkan oleh kondisi yang mengancam keselamatan. Phobia sebenarnya juga termasuk dalam golongan perasaan takut hanya rasa takut yang disebut phobia lebih condong takut terhadap objek yang sebenarnya tidak mengancam, misalnya takut pada capung, semut, atau ulat.

Ketakutan ada yang bersifat wajar dan ada pula yang tidak wajar. Hal atau benda penyebab rasa takut pada masing-masing anak tidak sama. Ketakutan biasanya dilatarbelakangi oleh pengalaman atau keadaan yang tidak menyenangkan.

Tidak dapat dipungkiri rasa takut perupakan bagian alami dari pertumbuhan anak menuju kedewasaan. Semua orang pasti pernah mengalami rasa takut, tak terkecuali hal ini juga terjadi dan dialami oleh orang dewasa. Bedanya orang dewasa lebih berpengalaman mengatasi rasa takutnya, sebaliknya anak belum begitu terampil dan berpengalaman dalam hal ini.

Bila anak sudah mengenal rasa takut maka apa yang ditakukannya merupakan hal nyata. Setiap anak pasti akan melewati tahap-tahap perkembangan emosinya tersebut sesuai dengan usianya.

Jenis-jenis Rasa Takut

Berkenaan dengan rasa takut ini Hurlock (1991) mengemukanan adanya reaksi emosi yang berdekatan dengan reaksi takut, yaituh shysness atau rasa malu, embarassment atau merasa kesulitan, khawatir, anxiety atau cemas. Adapun penjelasan masing-masing bagian dapat kita ikuti berikut ini.

a. Shyness atau malu adalah reaksi takut yang ditandai dengan rasa segan berjumpa dengan orang yang dianggap asing.

b. Embarassment merupakan reaksi takut akan penilaian orang lain pada dirinya.

c. Khawatir timbul disebabkan oleh rasa takut yang dibentuk oleh pikiran anak sendiri. Biasanya mengenai hal-hla khusus, misalnya rakut dihukum orang tua takut sekolah, takut terlambat dsb.

d. Anxiety atau cemas, merupakan perasaan takut sesuatu yang tidak jelas dan dirasakan oleh anak sendiri.

Karakteristik Anak Penakut (Khawatir)

Perasaan takut dapat berakibat negatif bila menimbulkan perasaan-perasaan yang menegangkan. Sebetulnya rasa takut itu dibutuhkan oleh anak agar tahu mana hal-hal yang berbahaya dan mana yang tidak, sehingga anak dapat melindungi dirinya sendiri dari keadaan bahaya tersebut.

Adapun karakteristik dari anak penakut adalah sebagai berikut :

a. Berteriak dan berlari gemetar

b. Berubahnya raut wajah seperti mata membelalak

c. Perkataan terpotong-potong

d. Keringat mengucur deras

e. Diam tidak bergerak

Faktor Penyebab Timbulnya Rasa Takut Pada Anak

Ketakutan pada anak yang bersifat wajar dan adapula yang tidak wajar. Hal atau benda penyebab rasa takut pada masing-masing anak tidak sama.

Beberapa bentuk penyebab rasa takut pada anak dapat diakibatkan oleh :

a. Cerita-cerita seram yang menakutkan

b. Banyak penyebab ketakutan yang bermula dari salah didik dan kekasaran

c. Kebanyakan dari ketakutan anak-anak kembali kepada sebab-sebab dan peristiwa-peristiwa akibat salah didik.

Pengertian Tentang Rasa Takut | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!