Pengertian Tentang Sejarah

Pengertian Tentang Sejarah – Sejarah adalah kejadian yang terjadi pada masa lampau yang disusun berdasarkan peninggalan-peninggalan berbagai peristiwa. Peninggalan peninggalan itu disebut sumber sejarah.

Dalam bahasa Inggris, kata sejarah disebut history, artinya masa lampau; masa lampau umat manusia. Dalam bahasa Arab, sejarah disebut sajaratun (syajaroh), artinya pohon dan keturunan. Jika kita membaca silsilah raja-raja akan tampak seperti gambar pohon dari sederhana dan berkembang menjadi besar, maka sejarah dapat diartikan silsilah keturunan raja-raja yang berarti peristiwa pemerintahan keluarga raja pada masa lampau.

Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut istoria, yang berarti belajar. Jadi, sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala peristiwa, kejadian yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia.

Dalam bahasa Jerman, kata sejarah disebut geschichte yang artinya sesuatu yang telah terjadi, sesuatu yang telah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan umat manusia. Adapun menurut Sartono Kartodirdjo, sejarah adalah rekonstruksi masa lampau atau kejadian yang terjadi pada masa lampau.

Ada tiga aspek dalam sejarah, yaitu masa lampau, masa kini, dan masa yang akan datang. Masa lampau dijadikan titik tolak untuk masa yang akan datang sehingga sejarah mengandung pelajaran tentang nilai dan moral.

Pada masa kini, sejarah akan dapat dipahami oleh generasi penerus dari masyarakat yang terdahulu sebagai suatu cermin untuk menuju kemajuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Peristiwa yang terjadi pada masa lampau akan memberi kita gambaran tentang kehidupan manusia dan kebudayaannya di masa lampau sehingga dapat merumuskan hubungan sebab akibat mengapa suatu peristiwa dapat terjadi dalam kehidupan tersebut, walaupun belum tentu setiap peristiwa atau kejadian akan tercatat dalam sejarah.

  1. Sejarah terus berkesinambungan sehingga merupakan rentang peristiwa yang panjang. Oleh karena itu, sejarah mencakup
  2. masa lalu yang dilukiskan berdasarkan urutan waktu (kronologis);
  3. ada hubungannya dengan sebab akibat;
  4. kebenarannya bersifat subjektif sebab masih perladanya penelitian lebih lanjut untuk mencari kebenaran yang hakiki;
  5. peristiwa sejarah menyangkut masa lampau, masakini, dan masa yang akan datang.

Pengertian Sejarah Menurut Para Ahli

Pengertian sejarah menurut JV. Bryce

Sejarah ialah catatan dari apakah yang sudah dipikirkan, dikatakan, serta diperbuat oleh manusia

Pengertian sejarah menurut WH. Walsh

Sejarah itu menitikberatkan terhadap pencatatan yang bermakna serta serius saja bagi manusia. Catatan itu meliputi tindakan-tindakan serta pengalaman-pengalaman manusia terhadap waktu lampau terhadap hal-hal yang serius sehingga merupakan kisah yang berarti.

Pengertian sejarah menurut Patrick Gardiner

Sejarah ialah ilmu yang menyidik jauh apakah yang sudah diperbuat oleh manusia.

Pengertian sejarah menurut Roeslan Abdulgani

Ilmu sejarah ialah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang meneliti serta menyelidiki secara sistematis keseluruhan pernyebaran masyarakat dan kemanusiaan terhadap waktu lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud buat setelah itu menilai secara kritis semua result penelitiannya tersebut, buat selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian serta penentuan kondisi kini dan arah sistem waktu depan.

Pengertian sejarah menurut Moh. Yamin

Sejarah ialah suatu ilmu pengetahuan yang disusun atas result penyelidikan sebagian peristiwa yang bisa dibuktikan dengan bahan kenyataan.

Pengertian sejarah menurut Ibnu Khaldun (1332–1406)

Sejarah didefinisikan sebagai catatan mengenai masyarakat umum manusia atau peradaban manusia yang berlangsung terhadap watak/sifat masyarakat itu

Pengertian sejarah menurut R. Moh. Ali

Moh. Ali dalam bukunya Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia, mempertegas pengertian sejarah sebagai berikut:

Jumlah perubahan-perubahan, kejadian atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita Cerita mengenai perubahan-perubahan, kejadian, atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita Ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian, serta atau peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita.

makalah pakeman basapengertian wisata sejarah menururt para ahliKerajaan sebelum singosaripdf pandangan fildafat pendidikan islam terhadap pengetahuanrangkuman kerajaan sriwijayakenakalan remaja akibat globalisasifilsafat kutaicover kerajaan sriwijaya sejarahunik abadicontoh abstrak kualitatif sejarah
Pengertian Tentang Sejarah | nagrak.com | 4.5
error: Content is protected !!